Joan Mir Juara Dunia
Joan Mir Juara Dunia

Akhirnya rider asal spanyol Joan Mir keluar menjadi juara dunia MotoGP 2020 usai balapan MotoGP Valencia, hari Minggu (15/11). Kenapa joan Mir menjadi juara dunia MotoGP 2020.

Pada saat race di mulai MotoGP 2020 nampak terlihat kurang meyakinkan. rider yang berusia 23 tahun itu dua kali gagal finis dari tiga balapan awal di MotoGP Spanyol dan MotoGP Ceko. Di antara dua balapan itu Mir hanya mampu finis kelima di MotoGP Andalusia.

Pada saat balapan MotoGP Spanyol, Mir gagal finis setelah mengalami crash di lap kedua. Sementara di MotoGP Ceko, juara dunia Moto3 di tahun 2017 tersebut sial. Mir tersapu oleh pembalap Tech3 KTM Iker Lecuona di tikungan 13 lap keempat.

Titik balik Mir terjadi pada MotoGP Austria 2020. Pada balapan di Sirkuit Red Bull Ring itu Mir mampu finis di posisi kedua. Di titik tersebut Mir belum ditangguhkan sebagai salah satu kandidat juara dunia.sementara ada rider Fabio Quartararo masih kokoh di puncak klasemen.

Setelah gagal naik podium di MotoGP Styria dan harus puas finis keempat, Namun Mir mampu meraih tiga podium secara beruntun di MotoGP San Marino (finis 3), MotoGP Emilia Romagna (2), dan MotoGP Catalunya (2). Mir kemudian naik dua peringkat ke posisi dua klasemen MotoGP 2020 dengan selisih 8 poin dari Quartararo

Mir meraih finis terburuk jika mampu menyelesaikan race musim ini di MotoGP Prancis. Mir hanya mampu finis di urutan 11. Beruntung bagi Mir, Quartararo juga hanya mampu finis kesembilan. Alhasil Mir hanya selisih 10 poin dari Quartararo di klasemen MotoGP 2020.

kesempatan untuk Mir bisa menggeser Quartararo dari puncak klasemen MotoGP 2020 terjadi di race MotoGP Aragon. Finis ketiga di race MotoGP Aragon, ditambah Quartararo hanya mampu di urutan ke-18, membuat Mir naik ke puncak klasemen dan keunggulan 6 poin.

Keunggulan Mir di puncak klasemen bertambah menjadi 14 poin usai meraih finis ketiga di MotoGP Teruel dan Quartararo finis 8. Satu tangan Mir ada di gelar juara dunia MotoGP 2020 setelah sukses meraih kemenangan di MotoGP Eropa. Mir unggul 37 poin dari Quartararo dan Alex Rins usai race MotoGP Eropa.

Mir akhirnya memastikan sebagai gelar juara dunia MotoGP 2020 usai balapan MotoGP Valencia. Meski finis di posisi ketujuh, Mir masih unggul 29 poin atas Franco Morbidelli dengan satu seri tersisa.

Mir telah menjadi salah satu pembalap pertama Suzuki sejak Kenny Roberts Jr. pada 2000 yang menjadi juara dunia kelas primer Grand Prix. Pertama di era MotoGP.

Ini adalah Hasil race Joan Mir di MotoGP 2020:

MotoGP Spanyol: Gagal finis

MotoGP Andalusia: 5

MotoGP Ceko: Gagal finis

MotoGP Austria: 2

MotoGP Styria: 4

MotoGP San Marino: 3

MotoGP Emilia Romagna: 2

MotoGP Catalunya: 2

MotoGP Prancis: 11

MotoGP Aragon: 3

MotoGP Teruel: 3

MotoGP Eropa: 1

MotoGP Valencia: 7

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here