Masak jengkol tidak bau
Masak jengkol tidak bau

Ada Cara untuk memasak jengkol agar tidak bau dan pahit juga membuatnya lebih empuk. Sebetulnya, cukup kebanyakan orang sering menyukai konsumsi jengkol. Akan tetapi, orang-orang kerap kali mengeluhkan bau dan rasanya yang pahit saat makan polong-polongan ini.

Padahal, jika jengkol diolah dengan tepat maka jengkol dapat menjadi makanan yang enak dan bikin kita ketagihan. Apabila kita bisa menghilangkan rasa pahit dan membuat teksturnya lebih empuk, kalian tentunya akan lebih menikmati jengkol yang dapat diolah menjadi berbagai masakan.

Jengkol ini sebenarnya dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan yang lezat, mulai dari semur jengkol, sambal jengkol, jengkol kalio, sampai jengkol balado. Teksturnya yang sangat mirip dengan daging juga menjadi salah satu faktor jengkol disukai banyak orang.

Cara memasak jengkol yang benar bisa anda terapkan dengan memperhatikan proses perebusan hingga bahan-bahan tambahan yang akan digunakan. Dengan begitu, anda bisa membuat makanan olahan jengkol yang enak dan menggugah selera setiap harinya.

Bagaimana cara memasak jengkol agar menjadi olahan yang lebih enak, mari kita simak selengkapnya berikut ini.

A. Rendam Jengkol Dengan Air Es

Cara memasak jengkol agar tidak bau dan pahit yang harus pertama kita lakukan adalah cara merendamnya dengan air es. Terutama agar bisa menghilangkan baunya ini, jengkol ini bisa kita rendam dengan air dingin atau air es selama semalam.

Kita bisa juga merendam jengkolnya dengan air kapur sirih atau susu. Cara ini diyakini bisa menghilangkan bau tak sedap jengkol dan bisa menetralisir rasanya

B. Kupas Sampai Benar-benar Bersih

Salah satu cara memasak jengkol agar tidak bau dan pahit yang paling utama adalah kita mengupasnya sampai benar-benar bersih. Hal ini karena pengupasan kulit jengkol yang kurang bersih merupakan sala satu faktor utama yang membuatnya terasa pahit. Kulit yang masih menempel inilah yang membuat rasa jengkol pahit saat direbus.

Selaput pada jengkol harus kita buang dan dibersihkan sampai tuntas. Pasalnya, sedikit saja kulit jengkol tidak bersih, maka akan membuatnya rasa jengkol dan jadi pahit saat diolah.

C. Merebusnya Dengan Daun Salam

Cara memasak jengkol agar tidak bau dan pahit selanjutnya adalah dengan cara merebusnya dengan daun salam. Hal ini merupakan salah satu cara yang sudah umum diterapkan. Apabila kita Merebusnya dengan menambahkan daun salam tidak hanya dapat mengurangi rasa pahit, bahkan juga dapat mengurangi bau tajam pada jengkol dengan secara efektif.

D. Merebusnya Dengan Daun Jeruk Purut

Selain daun salam, kita juga bisa menerapkan cara memasak jengkol agar tidak bau dan pahit yaitu dengan menggunakan jeruk purut. Rebus jengkolnya dengan menambahkan daun jeruk perut secukupnya. Daun jeruk purut yang diiris bisa digunakan agar bisa membantu menetralisir bau jengkol.

E. Merebusnya Dengan Daun Jambu Biji

Cara memasak jengkol agar tidak bau dan pahit yakni dengan menggunakan daun jambu biji. Setelah selesai direbus, air bekas rebusan dan daun jambu biji bisa kita buang. Dengan Alternatif satu ini juga cukup efektif dalam menghilangkan bau pada menyengat pada jengkol

Sebelum mengolahnya, jengkol bisa kita pipihkan terlebih dahulu. Tujuannya adalah agar nanti bumbunya cepat meresap dan olahan jengkol bisa terasa lebih nikmat.

F. Memasaknya Tidak Boleh Terlalu Lama

Cara memasak jengkol agar tidak bau dan pahit berikutnya adalah dengan cara memasaknya tidak terlalu lama. kita gunakan Teknik memasak jengkol ini juga perlu benar-benar diperhatikan. Alangkah baiknya, kita hanya memasak jengkol dengan menggunkan waktu sekitar 20 sampai 30 menit saja.

Hal ini nantinya juga bergantung pada ukuran dan usia jengkol yang kita masak. Selain itu, saat memasak juga gunakanlah api san suhu yang kecil. Dengan cara memasak jengkol menggunakan api kecil dalam waktu yang tidak begitu lama, maka kamu akan mendapatkan jengkol yang tidak bau, tidak pahit, dan tentunya lebih empuk.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here