cumi goreng tepung
cumi goreng tepung

Bagi anda para pencinta seafood, pastinya doyan banget kan, sama cumi-cumi? Untuk menikmati beragam masakan cumi, biasanya anda harus datang ke restoran mewah atau rumah makan China. Pada intinya tak semua orang bisa memasak olahan cumi. Apalagi ditambah tidak sedikit yang merasa malas mengurusi bau amis cumi-cumi tersebut. Ya engga?

Akan tetapi, sebenarnya untuk cara memasak cumi-cumi tidaklah terlalu sulit. Untuk menghilangkan bau amis tersebut yaitu bisa menggunakan perasan air jeruk terlebih dulu.

Tentunya cumi-cumi bisa diolah dan disajikan dengan teknik yang berbeda-beda. Misalkan menggunakan bahan rempah-rempah asli dari Nusantara. Terlihat Sederhana akan tetapi terlihat begitu spesial, sehingga rasa yang diciptakan akan begitu lezat dan istimewa saat di makan. Tidak heran kalau lidah kita susah untuk berhenti bergoyang alias mengunyah terus.

Jadi, buat kalian yang ingin mencobanya praktik memasak cumi di rumah, jangan usah khawatir. Karena pemasak pemula bisa juga untuk mencobanya dan menyajikan aneka menu masakan cumi seperti koki yang sudah profesional. Intinya caranya pun tidak ribet dan gampang tentunya.

Memasak sendiri juga bisa membuat kita lebih hemat dalam segi pengeluaran. Sudah bukan rahasia kalau harga olahan seafood di restoran sangat mahal. Sudah mahal, dan hanya dapat porsi yang sedikit, rasanya jadi tidak sebanding. Penasaran, apa saja bahan yang harus di butuhkan untuk memasak cumi yang dijamin bikin kita ketagihan?

Bahan yang di perlukan untuk membuat masakan cumi goreng yang enak seperti masakan restoran adalah sebagai berikut ini :

  • Bahan:
    – 250 gram cumi
    – merica bubuk secukupnya
    – 1 sdm air jeruk nipis
  • Bahan basah (aduk rata):
    – 1 sdm tepung sagu
    – 1 sdm air
    – 1 butir putih telur
  • Bahan kering (aduk rata):
    – 3 sdm tepung sagu
    – 1/2 cup tepung bumbu
    – 1 sdm tepung beras
  • Cara memasak:
    a. Cuci bersih cumi, taburi merica bubuk dan kucuri air jeruk.
    b. Remas-remas cumi dan di diamkan selama 5 menit, kemudian bilas.
    c. Masukkan cumi ke bahan basah, kemudian masukkan ke bahan kering.
    d. Lumuri cumi dengan tepung hingga rata.
    e. Goreng cumi sampai berubah warna jadi kuning keemasan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here