Mengatasi Sembelit Secara Alami
Mengatasi Sembelit Secara Alami

Vt-k.com – Susah buang air besar atau BAB sangat mengganggu.Untuk mengatasi penyakit ini, anda bisa menggunakan obat alami sebelum menggunakan obat warung atau apotek.

Sulit BAB atau kontipasi biasanya memiliki ciri buang air besar yang tidak teratur kurang dari tiga kali dalam satu minggu, disertai dengan tekstur tinja yang kecil dari biasanya, kering dan kasar, sehingga hal ini akan meyebabkan rasa sakit pada lubang anus.

Cara melancarkan BAB secara alami

Salah satu cara untuk melancarkan BAB secara alami yang paling baik adalah dengan memenuhi asupan serat dari makanan, sehingga proses BAB menjadi lancar. Anda harus memerlukan asupan serat sekitar 25 sampai 35 gram setiap harinya. Ada banyak sekali makanan berserat yang bisa anda konsumsi untuk mengatasi susah BAB secara alami, antara lain:

  • Buah-buahan

Buah-buahan adalah salah satu makanan yang berserat banyak, contohnya buah apel yang baik yang sangat baik untuk melancarkan BAB. Kandungan satu buah apel mengandung serat 5 sampai 6 gram dengan catatan tidak mengupas kulit buah. Buah pir juga bisa menjadi pilihan kedua untuk melancarkan BAB terutama pada bayi.

  • Sayur-sayuran

Sayur memiliki kandungan serat yang tinggi. Satu cangkir bayam memiliki serat sebanyak 4 gram. Selain itu bayam juga memiliki kandungan magnesium yang baik bagi tubuh. Ada juga sayuran yang paling baik untuk pencernaan yaitu brokoli, setengah cangkir brokoli sama dengan 2,8 gram serat dan vitamin C. Sayuran brokoli ini bisa anda pilih menjadi teman nasi pada waktu makan atau bisa juga menjadi cemilan dengan saus rendah lemak.

  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan memiliki kandungan serat tinggi. Dalam satu cangkir kacang memiliki 10 gram serat yang mbisa membantu gerakan usus lebih lancar. Kacang-kacangan yang termasuk kandungan serat paling tinggi adalah kacang merah dan kacang almond.

  • Biji-bijian

Makanan yang terbuat dari dedak atau biji-bijian utuh dan serat beras merah, contohnya roti dan sereal. Makanan ini termasuk makanan tinggi serat dan karbohidrat kompleks dan juga kadar lemak yang rendah. Pastikan terlebih dahulu komposisi pada kemasam makanan sebelum membeli, untuk mengetahui apakah makanan tersebut memiliki bahan dan kandungan yang baik untuk pencernaan.

  • Camilan

Mengkonsumsi camilan yang dapat melancarkan BAB secara alami. Contohnya, ubi berukuran sedang memiliki kandungan serat sebanyak 3,8 gram. Sebaiknya jangan kupas ubi, karena pada bagian kulit itulah yang mengandung serat paling banyak. Anda juga bisa memilih popcorn untuk cemilan sekaligus dapat melancarkan BAB. Perlu anda ketahui bahwa satu cangkir popcorn mengandung 3,5 gram di tambah 100 kalori. Bagi penderita susah BAB sebaiknya menghindari konsumsi mentega yang berlebih.

Pendukung lainnya untuk melancarkan BAB secara alami

Mengatasi susah BAB secara alami dengan mengkonsumsi makanan kandungan serat tinggi, sebaiknya anda menghindari makanan berlemak tinggi, seperti produk dari susu atau keju dan daging. Lalu minumlah air putih yang banyak, minimal 8 gelas per hari dan berolahraga secara teratur.

Alangkah baiknya anda jangan gunakan obat pencahar setiap mengalami susah BAB. Sebaiknya konsultasi terlebih dahulu ke dokter untuk menggunakan obat pencahar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here