Munga Kumis Kucing
Munga Kumis Kucing

Vt-k.com -Kumis kucing sejak jaman dahulu masyarakat Indonesia sudah menggunakannya sebagai tanaman obat. Pada umumnya kumis kucing dikenal sebagai obat asam urat. Sebenarnya masih banyak lagi manfaat kumis kucing yang perlu anda ketahui.

Sebagian orang memanfaatkan kumis kucing sebagai tanaman hias. Kumis kucing menurut bahasa ilmiah adalah Orthosiphon stamineus. Tanaman ini sangat familiar sebagai tanaman obat. Kumis kucing memiliki kandungan senyawa bioaktif yang banyak dibandingkan dengan tanaman lain.

Manfaat Kumis Kucing

Kumis kucing memiliki banyak khasiat seperti antiradang dan antioksidan yang baik untuk tubuh. Hal ini karena adanya senyawa alami yang meliputi fenolik, sinensetin, flavonoid, triterpenoid, eupatorin, glikosida, tanin, saponin, dan steroid.

1. Obat asam urat

Kumis kucing berkhasiat untuk mengobati asam urat alami berkat kandungan fenolik, flavonoid, dan asam kareat yang tinggi. Senyawa aktif tersebut sebagai antiradang yang akan menghambat pembentukan asam urat yang dapat mencegah dan mengurangi resiko asam urat. Bahkan kumis kucing juga bisa memperbaiki fungsi ginjal yang rusak yang diakibatkan asam urat tinggi.

2. Mengatasi tekanan darah tinggi

Beberapa masyarakat mungkin sudah mengetahui bahwa kumis kucing juga bermanfat sebagai penurun tekanan darah tinggi.Ini disebabkan oleh kandungan sinensetin yang terkandung di dalamnya. Sinensetin berperan penting sebagai antioksidan dan aktivitas diuretik yang kuat. Khasiat ini bisa membantu mengurangi kadar natrium berlebih yang dikeluarkan memalui urin. Dengan demikian tekanan darah akan menurun karena meningkatnya pengeluaran cairan dan natrium dari tubuh. Hal ini akan menjadikan kumis kucing bisa sebagai obat alami bagi penderita hipertensi.

3. Obat rematik

Kumis Kucing mengandung senyawa fenolik dan flavonoid yang tinggi. Ini bermanfaat sebagai obat alami rematik dan penderita rheumatoid arthritis (RA). Biasanya penderita rematikdan juga RA, disebabkan oleh reaksi autonium atau bisa juga karena proses peradangan. Bahkan kandungan senyawa pada kumis kucing tersebut dapat melindungi tulang rawan dan jaaringan lunak dalam peradangan akut atau kronis berkat efek antiradang.

4. Obat diabetes

Kumis kucing termasuk sebagai salah satu yang memiliki khasiat antidiabetes. Karena kumis kucing memiliki kemampuan dalam mengendalikan metabolisme karbohidrat dan gula, lemak dan gula, juga asam amino dan gula jadi lebih seimbang.

Hal ini akan membuat kadar gula darah terjaga dan stabil. Dengan demikian kumis kucing jadi salah satu pilihan obat alami penyakit diabetes.

5. Jantung lebih sehat

Ekstrak kumis kucing berkhasiat untuk meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan trigliserida (lemak darah). Gabungan efek antidiabetes ini sangat baik untuk mencegah penyakit jantung seperti penyakit jantung koroner dan serangan jantung.

6. Mengatasi menstruasi yang bermasalah

Bagi para perempuan yang memiliki masalah pada saat menstruasi bisa memanfaatkan kumis kucing sebagai solusinya. Dengan mengkonsumsi kumis kucing secara rutin mampu menurunkan kadar prostaglandin yang bisa mengurangi nyeri saat menstruasi dan lebih banyaknya darah yang keluar saat menstruasi.

Manfaat kumis kucing ini masih dalam penelitian lebih lanjut, namun tidak ada salahnya anda mencoba menggunakan kumis kucing untuk salah satu upaya meningkatkan kesehatan.

Apa bila anda ingin mengkonsumsi kumis kucing yang sudah di kemas dalam bentuk suplemen herbal, sebaiknya pilihlah produk yang keamanannya sudah teruji dan terbukti aman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here