Manfaat Salak untuk Kesehatan
Manfaat Salak untuk Kesehatan

Vt-k.com – Meskipun kulit salak seperti sisik, namun ada banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Juka anda memakan salak, anda akan dapat menambah sistem imun tubuh dan dapat menangkal radikal bebas di tubuh.

Buah salak ini tidak hanya mengandung karbohidrat dan serat yang tinggi, tetapi buah ini juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang tentunya sangat penting untuk tubuh kita, seperti vitamin C, B2, kalsium, kalium, fosfor, folat, dan zat besi. Namun bukan hanya nutrisi yang terkandung pada salak, buah ini juga mengandung jat kimia seperti flavonoid, likopen, dan karotenoid yang tak kalah penting bagi tubuh.

Macam-macam manfaat buah salak

Ada banyak sekali manfaat yang diberikan oleh buah salak untuk tubuh kita. Berikut ini macam-macam manfaat salak:

1. Dapat meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat salak yang pertama adalah bisa meningkatkan imun tubuh karena kandungan vitamin C pada buah ini akan membantu memperkuat sistem ketebalan tubuh. Selain itu, karotenoid dan likopen termasuk pada antioksidan yang ada pada salak mampu menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel dan DNA tubuh, hal ini akan membuat imunitas kita menjadi lebuh kuat.

2. Dapat mencerahkan kulit

Banyak peneliti yang menyatakan bahwa ekstrak salak bisa bermanfaat untuk mencerahkan kulit secara alami karena vitamin C yang dikandungnya. Ada senyawa flavonoid pada ekstrak buah salak yang bisa membantu menurunkan kadar pigmen. Ekstrak buah ini sering dimanfaatkan sebagai bahan pemutih kulit.

3. Dapat mencegah sembelit

Dari jaman dulu hingga sekarang mitos mengkonsumsi buah salak dapat menyebabkan sembelit atau buang air besaar (BAB). Namun mitos ini tidaklah benar, bahkan dengan memakan salak secukupnya akan melancarkan BAB dan mencegah terjadinya sembelit. Karena salak bisa meningkatkan kesehatan saluran pencernaan. Buah ini juga bisa menambah bakteri baik untuk usus dan membuat tinja menjadi lebuh lunak.

4. Jantung menjadi lebih sehat

Salak juga memiliki kandungan kalium yang menjadi peran penting untuk menjaga irama detak jantung dan bisa menurunkan tekanan darah. Maka jantung akan sehat karenanya. Selain itu kandungan kalium pun bisa membuat keseimbangan cairan tubuh menjadi lebih setabil. Masih banyak lagi fungsi kalium untuk tubuh kita, seperti memelihara fungsi saraf, mencegah batu ginjal, dan menjaga tulang tetap padat.

5. Dapat mengontrol kadar gula (diabetes)

Banyak peneliti yang mengatakan bahwa salak bisa menurunkan kadar kolesterol yang sering di alami penderita diabetes. Peneliti juga mengatakan bahwa cuka salak mengandung antioksidan dan asam asetat yang berpotensi antidiabetik. Antidiabetik ini dapat membantu fungsi kelenjar pankreas dalam memproduksi hormon insulin, hal ini mungkin saja bahwa salak bisa digunakan untuk obat diabetes.

6. Dapat mengatur kadar asam urat

Bagi penderita asam urat ini adalah kabar gembira bagi penderita. Pasalnya buah salak ini mengandung senyawa yang mampu menghambat enzim xanthin oksidase berperan terhadap produksi asam surat. Maka manfaat ini bisa anda gunakan menjadi salah satu obat asam urat.

7. Pencegah penyakit kanker

Banyak sekali para peneliti yang meneliti buah salak. menurut mereka ekstrak buah salak bisa menghambat pertumbuhan sel kanker, terutama pada kanker paru, usus, dan payudara. Namun penelitian ini harus dikembangkan lagi untuk mengetahui seberapa besar efektivitasnya dalam mencegah kanker.

Meskipun beberapa manfaat salak perlu diteliti kembali, buah ini bisa menjadi pilihan anda sebagai cemilan dan makanan sehat. Lebih baik lagi anda mengkonsumsi berpariasi makanan bergizi untuk mendapatkan nutrisi yang didapatkan, supaya kesehatan lebih terjaga.

Sebaiknya anda konsultasi terlebih dahulu kepada dokter, mengenai salak sebagai salah satu pengobatan dan atau pencegahan penyakit tertentu. Karena dokter akan memberikan saran atau seberapa banyak anda mengkonsumsi salak tergantung dengan kondisi dan kebutuhan tubuh anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here