Manfaat Rebung Bambu
Manfaat Rebung Bambu

Vt-k.com – Bagi anda yang tinggal di pedesaan tentunya sering sekali bertemu dengan tanaman ini. Rebung adalah merupakan tunas dari tanaman bambu yang masih muda. Rebung biasanya digunakan sebagai bahan makanan bagi orang Indonesia maupun Asia. Rebung mambu termasuk salah satu sayuran, banyak sekali yang menyukai rebung untuk makanan karena teksturnya yang renyah dan rasa manis di tambah dengan aroma khas yang dimilikinya.

Di Indonesia sendiri rebung biasanya digunakan untuk olahan lumpia. Tentunya penggemar lumpia sudah tidak asing lagi dengan tanaman ini. Tidak sedikit masyarakat kita yang tidak tahu bahwa rebung memiliki maanfaat yang baik bagi tubuh kita. Banyak nutrisi yang terkandung pada rebung yang butuhkan oleh tubuh kita.

Rebung juga bisa diolah menjadi bermacam-macam olahan makanan mulai dari tumis rebung, semur, sup, hingga campuran dalam sayur lodeh.

Nutrisi yang Terkandung Pada Rebung

Dalam 100 gram rebung itu terkandung 25 kalori dan aneka nutrisi sebagai berikut:

  1. 2–2,5 gram protein
  2. 4 miligram vitamin C
  3. 2 gram serat
    2 gram gula
  4. 4–5 gram karbohidrat
  5. 60 miligram fosfor
  6. 1,1 miligram zinc
  7. 500 miligram kalium
  8. 13 miligram kalsium

Tidak hanya itu yang terkandung pada rebung, antioksidan, ada vitamin B kompleks, vitamin E, vitamin A, dan juga beberapa mineral, seperti magnesium, zat besi, mangan, dan selenium.

Manfaat Rebung Bagi Kesehatan

Berkat kandungan nutrisi yang dimilikinya, merupakan jenis sayuran yang bergiji tinggi. Memiliki baerbagai macam manfaat bagi tubuh kita:

1. Baik untuk Pencernaan

Rebung adalah salah satu jenis sayuran yang memiliki serat tinggi, serat ini dapat melancarkan dan menjaga kesehatan pencernaan. Bahkan rebung ini memiliki efek prediotik yang baik untuk mendukung pertumbuhan bakteri baik saluran pencernaan.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kandungan serat yang terkandung pada rebung juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolerterol jahat dalam darah. Rebung ini bisa digunakan sebagai pencegah terkenanya penyakit jantung, karena serat yang dimilikinya dapat mencegah penumpukan kolesterol yang ada di pembuluh darah.

3. Mencegah Penyakit Kardiovaskuler

Rebung memiliki berbagai macam nutrisi yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegah terjadinya penyakit kardiovaskuler, seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan stroke.

4. Menjaga Berat Badan Ideal

Rebung termasuk makanan yang rendah kalori dan lemak. Bagi anda yang menginkan tubuh yang ideal disarankan mengkonsumsi rebung. Kadar kalori yang dimiliki rebung ini baik juga untuk anda yang sedang menjalani diet.

5. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Banyak ahli yang mengatakan bahwa rebung dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Hal ini dikarenakan rebung memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dari manfaat rebung, anda juga harus disertai dengan menjalani pola hidup sehat.

6. Meningkatkan Antibodi

Untuk menjaga daya tubuh yang kuat, disarankan anda untuk mengkonsumsi makanan bergizi seperti rebung. Hal ini dikarenakan protein yang terkandung pada rebung dan juga antioksidan yang tinggi pada rebung. Bukan hanya itu rebung juga memiliki vitamin dan mineral yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh tetap kuat.

Unutk mengetahui manfaat dan kandungan yang terdapat pada rebung, sebaiknya anda tanyakan kepada ahlinya atau dokter gizi. Supaya anda mendapatkan penjelasan yang lebih rinci dan seberapa banya anda mengkonsumsi rebung, karena anda harus mengetahui kondisi tubuh sebelum mengkonsumsi rebung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here