Manfaat Lengkuas bagi Kesehatan
Manfaat Lengkuas bagi Kesehatan

Vt-k.com – Lengkuas biasanya digunakan sebagai bahan cmpuran bumbu masakan. Namun lengkuas juga memiliki manfaat yang banyak bagi kesehatan tubuh. Dari jaman nenek moyang telah menggunakan lengkuas sebagai tanaman obat yang berkhasiat untuk mengatasi berbagai penyakit. Khasiat lengkuas sebagai tanaman obat tradisional telah terbukti, karena rempah ini memiliki banyak senyawa penting bagi kesehatan, seperti asam felonik, galangin, polifenol, dan flavonoid.

Macam-macam Manfaat Lengkuas

Ada banyak manfaat lengkuas utnuk kesehatan, diantara lain:

1. Meredakan nyeri pada sendi

Pada kasus osteoarthritis atau rheumatoid arthritis dapat diatasi dengan lengkuas. Kandungan yang dimiliki lengkuas mirip dengan jahe dan kunyit seperti kandungan senyawa kimia antiradang yang mampu meredakan peradangan penyebab nyeri sendi. Beberapa peneliti mengungkapkan bahwa ektra jahe dan lengkuas dikonsumsi setiap hari dapat meredakan nyeri pada sendi.

2. Meningkatkan kesuburan pada pira

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa rempah yang bernama lengkuas ini bisa membuat tingkat kesuburan pria lebih baik. Akan tetapi butuh penelitian lebih lanjut untuk kebenarannya karena penelitian itu tidak murni menggunakan lengkuas saja, tetapi juga menggunakan buah delima untuk bahan campurannya.

3. Mengatasi kadar gula darah dan kolesterol

Lengkuas juga diyakini ampuh untuk mencegah penyakit diabetes tipe 2 dan jantung. Manfaat ini disebabkan oleh kandungan antioksidan polifenol yang mampu menurunkan kadar gula darah dan kolesterol jahat.

4. Mengatasi sesak napas

Lengkuas juga memiliki kandungan minyak asiri yang dapat mengatasi gangguan pernapasan uang dialami oleh anak-anak.

5. Mengurangi resiko terkena kanker

Sebuah penelitian mengatakan bahwa lengkuas mampu membunuh sel kanker atau mencegah penyebaran sel kanker seperti kanker usus besar, kanker payudara, dan kanker kulit.

Kandungan antioksidan pada lengkuas juga mampu melawan radikal bebas penyebab kerusakan oksidatif pada jaringan tubuh dan pemicu penyakit lainnya, termasik penyakit kanker.

6. Membunuh virus dan bakteri

Lengkuas memiliki kandungan galangin yang berpotensi menghambat perkembangan virus dan mampu membunuh bakteri penyebab berbagai penyakit.

Meskipun lengkuas bisa dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengatasi sejumlah penyakit, sebaiknya tidak hanya menggunakan lengkuas untuk mengatasi penyakit. Lebih baik lagi anda lakukan konsultasi pada dokter terlebih dahulu untuk konsumsi obat tradisional lengkuas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here