Manfaat Jeruk untuk Anak
Manfaat Jeruk untuk Anak

Vt-k – Jeruk banyak disukai oleh banyak orang termasuk anak-anak, karena memiliki rasa asam, manis dan menyegarkan. Selain menyegarkan. Buah jeruk pun memiliki banyak manfaat untuk anak.

Meskipun buah jeruk mudah di jumpai dan harganya relatif murah, akan tetapi masih banyak orang tua yang jarang memberikan buah jeruk kepada buah hatinya. Jeruk memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti karbohidrat, serat, protein, vitamin C, antioksidan, asam folat, kalium, tiamin, dan kalsium.

Manfaat Jeruk untuk Kesehatan Anak

Melihat banyaknya kandungan nutrisi dalam jeruk, terdapat berbagai macam manfaat yang bisa diperoleh, antara lain:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Buah jeruk sangat terkenal akan kandungan vitamin C. Satu buah jeruk berukuran sedang diketahui dapat memenuhi kebutuhan vitamin C anak setiap harinya. Dengan terpenuhinya kebutuhan vitamin C ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh sikecil. Mengkonsumsi buah jeruk secara rutin, bisa terhindar dari beragam jenis penyakit yang disebabkan oleh virus, seperti flu.

2. Mengurangi risiko anemia

Vitamin C pada jeruk berperan untuk penyerap zat besi lebih banyak dari makanan yang dikonsumsi sehingga dapat menurunkan risiko anemia pada anak. Tidak hanya itu, vitamin C juga dapat menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

3. Membantu sistem pencernaan

Jeruk adalah salah satu sumber serat yang baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Dengan mengkonsumsi jeruk setiap hari akan terhindar dari gangguan pencernaan, seperti sembelit. Serat pada jeruk ini juga dapat meningkatkan perasaan kenyang lebih lama, sehingga bisa mengurangi keinginan Si Kecil untuk mengonsumsi camilan tidak sehat.

4. Mencegah dehidrasi

Manfaat jeruk berikutnya adalah mencegah dehidrasi. Hal ini karena sekitar 80 persen memilikikandungan air dalam satu buah jeruk.

5. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat jeruk untuk anak selanjutnya adalah bisa menjaga kesehatan kulit. Hal ini diperoleh dari kandungan antioksidan dan vitamin C yang dapat mencegah kerusakan kulit dan membantu tubuh menghasilkan kolagen agar kulit tetap kencang dan lembap.

Demikian beberapa manfaat jeruk untuk kesehatan anak. Perlu diingat, bahwa jeruk bersifat asam. Pada umumnya bayi dan anak-anak lebih sensitif terhadap rasa asam. Jika diberikan terlalu banyak akan menyebabkan iritasi pada mulut, kerongkonan, lambung, hingga usus.

Selain itu, buah jeruk bisa menimbulkan alergi pada beberpa anak. Bila Si Kecil mengalami gejala alergi untuk pertama kalinya setelah mengonsumsi buah jeruk, mengalami gatal-gatal, ruam, diare, dan muntah, sebaiknya segera bawa ia ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here