Manfaat Ikan Sarden
Manfaat Ikan Sarden

vt-k.com – Ikan sarden biasanya kita gunakan sebagai lauk pauk yang sudah tidak asing lagi. selain rasanya lezat, ikan ini juga relatif murah dan mudah didapat. Ikan sarden termasuk ikan kecil yang banyak ditemukan di laut Atlantik, Pasifik, dan Mediterania. Ikan ini mengandung banyak asam lemak omega-3 dan vitamin D bahkan zat merkuri yang tergolong rendah. Bahkan ikan sarden adalah salah satu ikan yang paling sehat.

Kandungan Nutrisi

Ikan sarden mengandung nutrisi yang baik, nutrisi ini memiliki manfaat yang banyak bagi tubuh kita. Didalam 100 gram ikan sarden segar terkandung 110 kalori. Berikut ini adalah kandungan nutrisi dari ikan sarden:

  • Karbohidrat
  • Protein
  • Vitamin, seperti vitamin D, vitamin B12, dan vitamin E
  • Lemak, termasuk asam lemak omega-3
  • Mineral, seperti zat besi, kalsium, magnesium, kalium, dan zinc

Manfaat Ikan Sarden

Banyak sekali manfaat dari ikan sarden yang bisa kita dapatkan, berikut ini adalah menfaat-manfaat dari ikan sarden:

1. Perkembangan Otot

Untuk membangun otot yang kuat diperlukan dua nutrisi utama yaitu protein dan asam lemak esensial. Kedua protein itu tekandung pada ikan sarden, bahkan ikan ini menjadi sumber protein terbaik untuk memperkuat otot.

2. Perlindungan Fungsi Otak

Ikan sarden memiliki kandungan omega-3 yang sangat tinggi berfungsi untuk menjaga daya ingat dan melindungi fungsi otak. Mengkonsumsi ikan sarden secara rutin bisa mengurangi risiko dari penyakit seperti penyakit Alzheimer dan demensia.

3. Jantung Jadi Lebih Sehat

Asam lemak omega-3 pada ikan sarden mampu menurunkan risiko penyakit jantung seperti pada kandungan ikan sarden yang bersifat anti inflamasi. Dengan demikian kandungan ini dapat mengurangi risiko penggumpalan darah dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Asam lemak omega-3 juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah. Semua ini faktor yang bisa meningkatkan kesehatan jantung kita.

4. Menghindari Tulang Kropos

Ikan sarden termasuk salah satu sumber kalsium dan vitamin D yang baik untuk menjaga tulang kropos. Nutrisi ini sangat penting untuk menjaga tulang supaya lebih sehat dan kuat. Dengan asupan kalsium dan vitamin D yang cukup setiap harinya, anda akan terhindari dari penyakit tulang seperti osteoporosis karena bertambahnya usia.

5. Baik untuk Wanita Hamil

Ibu hamil pastinya memerlukan asupan nutrisi yang banyak seperti omega-3 dan kalsium. Pada ikan sarden terdapat kandungan omega-3 yang diperlukan oleh ibu hamil. Manfaat omega-3 bagi ibu hamil adalah untuk perkembangan otak, sistem saraf, tulang, dan penglihatan janin yang ada di dalam kandungan. Sedangkan kalsium yang terkandung pada ikan sarden ini bisa menghindari risiko preeklamsia yang biasanya di alami oleh ibu hamil. Preeklamsia adalah peningkatan tekanan darah disertai dengan adanya protein dalam urine.

Tips Memilih Ikan Sarden

Sebaiknya membeli ikan sarden harus di pilih dengan benar, supaya manfaat yang kita dapat bisa maksimal atau lebih baik. Berikut adalah tips memilih ikan sarden yang baik untuk dikonsumsi:

  1. Tidak berbau busuk
  2. Kulitnya masih berkilau
  3. Matanya masih cerah
  4. Teksturnya juga kokoh

Kebanyakan orang memilih ikan sarden yang sudah di kemas pada kaleng. Ikan sarden yang dikemas dengan minyak zaitun lebih baik daripada yang dikemas dengan minyak kedelai, karena lebih rendahnya kandungan lemak. Selain itu, anda harus memperhatikan tanggal kadaluwarsanya dan keadaan ikan di dalamnya.

Bagi anda yang sedang mengurangi konsumsi makanan tinggi garam, sebainya anda memilih ikan sarden segar, karena ikan sarden memiliki kadar garam yang tinggi.

Konsumsilah ikan sarden sebanyak 2 sampai 3 porsi dalam 1 minggu. Dan untuk pengolahan ikan sarden yang paling baik adalah dengan memanggang, merebus, atau membakarnya.

Bagi anda yang memiliki penyakit ginjal atau asam urat sebaiknya mengurangi konsumsi ikan sarden. Untuk mengetahui terkait konsumsi ikan sarden dan mengetahui baik atau tidaknya ikan sarden untuk anda, sebainya konsultasi kepada dokter terlebih dahulu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here