Manfaat Daun Seledri
Manfaat Daun Seledri untuk Ginjal

Vt-k News – Manfaat seledri untuk ginjal sudah dari dulu dipercaya oleh masyarakat Indonesia. Ada banyak manfaat yang diperoleh dari seledri, namun kali ini hanya membahas manfaat seledri untuk ginjal.

Daun seledri memiliki nama latin Apium graveolens yang memiliki aroma khas. Oleh karena itu, sayuran ini sering digunakan sebagai bahan penyedap atau hiasan pada makanan. Seledri juga bisa dikonsumsi mentah sebagai campuran salad hingga dijadikan bahan sup. Selain itu daun ini juga bisa dijadikan jus yang baik untuk ginjal.

Nutrisi pada Daun Seledri

Dalam takaran 100 gram daun seledri memiliki 14 kalori dan banyak nutrisi, seperti 1,5 gram serat, 2,5–3 gram karbohidrat, 0,7 gram protein, 80 miligram natrium, 260 miligram kalium, 1,3 gram gula, 40 miligram kalsium, 29–30 mikrogram vitamin K.

Selain itu daun seledri juga mengandung antioksidan flavonoid serta berbagai macam vitamin, vitamin A, mineral, zat besi, termasuk zinc, tembaga, kolin, magnesium, folat, vitamin B, vitamin C, dan vitamin K.

Manfaat-manfaat Daun Seledri untuk Ginjal

Daun seledri bermanfaat untuk ginjal karena dari bermacam-macam nutrisi yang dikandungnya. Berikut ini macam-macam manfaat daun seledri untuk ginjal:

1. Menghambat pembentukan batu ginjal

Seledri adalah salah satu jenis sayuran yang memiliki kandungan kalium dan antioksudan lebih banyak dibandingkan dengan sayuran lainnya. Zat kalium dan antioksidan ini bisa menghambat penumpukan atau pengendapan mineral pada ginjal yang menjadi faktor terbentuknya batu ginjal.

Daun seledi mampu membuat tubuh lebih banyak membuang zat sisa atau racun yang di buang melalui urin. Kemampuan ini di dapat dari kandungan kalium dan air pada seledri. Efek ini bisa dijadikan seledri sebagai makanan untuk diet sekaligus mencegah batu ginjal.

2. Menghindari resiko gagal ginjal

Gagal ginjal bisa disebabkan karena sering terpapar radikal bebas atau proses oksidasi yang akan merusak ginjal. Sebaiknya konsumsilah makanan yang memiliki antiokdisan dan bergiji seperi seledri.

Menurut penelitian bahwa seledri mampu menangkal atau mencegah kerusakan pada ginjal, sebab seledri memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Bahkan manfaat seledri bisa mengoptimalkan fungsi ginjal secara menyeluruh.

3. Mengatasi tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi jika dibiarkan akan dapat merusak pembuluh darah yang dapat menyebabkan ginjal rusak. Hal ini akan memperngaruhi fungsi ginjal. Fungsi ginjal akan tidak efektif untuk penyaring darah dari zat beracun, memproduksi hormon, dan tidak dapat menyeimbangan elektrolit dan garam secara maksimal.

Untuk mengontrol tekanan darah agar selalu stabil bisa dilakukan dengan beberapa cara, seperti jalani pola makan sehat, kurangi asupan garam dan gula, minum air putih yang banyak, dan rutin berolahraga.

Dengan kandungan yang dimiliki seledri, seperti kalium, antioksidan, dan zat phtalid ini baik untuk mengontrol tekanan darah dan menjaga tekanan darah menjadi lebih stabil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here