Manfaat Daun Pandan
Manfaat Daun Pandan

Vt-k.com – Daun pandan sering digunakan sebagai bahan tambahan pada masakan, karena aroma yang dimilikinya. Tidak jarang juga daun pandan digunakan sebagai pewarna alami makanan seperti keuh. Selain itu juga daun pandan memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Contoh manfaat daun pandan adalah meredakan nyeri pada sendi hingga pencegah penyakit kanker.

Saat ini daun pandan sering sekali digunakan sebagai infised water atau air detoks dan biasa ditemukan dalam bentuk bubuk atau minyak esensial.

Manfaat daun pandan untuk kesehatan didapat dari beberapa vitamin, mineral, dan antioksidan yang dikandungnya. Vitamin yang terkandung pada daun pandan diantara lain vitamin A, vitamin C, thiamin (vitamin B1), riboflavin (vitamin B2), niacin (vitamin B3), dan karotenoid.

Macam-macam Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan

Ada banyak manfaat daun pandan yang bisa kita peroleh, diantaranya:

1. Menghilangkan nyeri sendi

Dari jaman dahulu munyak daun pandan sudah terkenal khasiatnya untuk menghilangkan nyeri sendi. Para peneliti membuktikan manfaat daun pandan ini karena ekstrak daun pandan memiliki kandungan senyawa bioaktif yang banyak mempu meredakan gejala nyeri sendi atau artritis.

2. Pencegah penyakit jantung

Manfaat daun pandan yang satu ini diperoleh dari senyawa karotenoid yang tinggi sehingga akan menjadi antioksidan yang mampu menurunkan resiko penyakit pembuluh darah jantung yang diakibatkan oleh penumpukan plak atau aterosklerosis.

3. Obat luka bakar ringan

Daun pandan memiliki kandungan asam tanat yang mampu mendinginkan luka bakar ringan secara cepat, contohnya kulit terbakar karena paparan sinarmatahari berlebih. Untuk cara pengobatannya cukup keringkan dan haluskan daun pandan hingga halus kemudian taburkan pada kulit yang terbakar.

4. Menjaga kesehatan mata

Telah anda ketahui bahwa daun pandan memiliki kandungan vitamin A dan beta-karoten yang bisa membantu kesehatan mata dan melindungi penyakit karena penuaan seperti degenerasi makula.

5. Menjaga kesehatan kulit

Seperti yang telah disebutkan pada poin empat, bahwa daun pandan memiliki kandungan beta-karoten yang tenyata juga baik untuk kesehatan kulit. Kandungan ini akan meningkatkan kesehatan kulit dari radiasi sinar ultraviolet yang menyebabkan berbagai masalah dari penuaan dini sampai kanker kulit.

6. Mengontrol kadar gula darah

Perlu anda ketahui daun pandan juga bisa mengontol kadar gula darah. Ekstrak daun pandan dapat mengurangi penyerapan gula pada usus dan akan meningkatkan produksi insulin dalam tubuh. Dengan demikian anda akan terhindar dari penyakit diabetes.

7. Mencegah penyakit kanker

Daun pandan juga bermanfaat sebagai anti kanker, karen kandungan vitamin A, vitamin C, dan beta karoten. Kandungan ini mampu melawan radikal bebas berlebih yang akan merusak sel tubuh. Kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas akan memicu perkembangan sel kanker.

Daun pandan memang aman untuk dikonsumsi setiap hari, namun perlu penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitasnya sebagai obat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here