Manfaat Daun Katuk
Manfaat Daun Katuk

Vt-k.com – Manfaat daun katuk yang paling populer adalah untuk melancarkan keluar ASI. Manfaat ini sering digunakan oleh banyak ibu yang sedang menyusui. Sebenarnya daun katuk memiliki banyak manfaat lain yang baik untuk kesehatan.

Daun katuk dalam bahasa ilmiah adalah Sauropus androgynus yang memiliki daun berukuran kecil dan berwarna hijau gelap serta pada bagian tengah berwarna coklat keemasan.

Masyarakat Indonesia sering menggunakan daun katuk sebagai bahan masakan. Daun katuk juga bisa dikonsumsi dalam bentuk teh herbal dan suplemen.

Nutrisi pada Daun Katuk

Banyak macam nutrisi yang terkandung pada katuk, seperti vitamin A, vitamin B kompleks dan beragam antioksidan. Dalam 100 gram daun katuk memiliki 35 kalori dan garam nutrisi, seperti:

  • 5–7 gram protein
  • 1 gram lemak
  • 1,8–2 gram serat
  • 250 miligram vitamin C
  • 190 miligram folat
  • 1 miligram zinc
  • 45 miligram kalium
  • 120 miligram magnesium
  • 170 miligram kalsium
  • 2,7 miligram zat besi

Macam-macam Manfaat Daun Katuk

Berkat kandungan nutrisi pada daun katuk, memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, yaitu:

1. Menurunkan kadar gula darah

Menurut riset bahwa daun katuk dapat menurunkan dan menjaga kadar gula darah. Dengan demikian daun katuk bermanfaat untuk melindungi dari resiko diabetes.

2. Mencegah obesitas

Obesitas adalah masalah kesehatan pada berat badan yang berlebih akibat jaringan lemak dalam tubuh menumpuk. Mengkonsumsi daun katuk dipercaya bisa mengurangi penumpukan jaringan lemak faktor dari obesitas.

3. Mempercepat penyembuhan pada luka

Anti oksidan yang dikandung pada daun katuk memiliki efek antiradang dan antibakteri. Efek ini diyakini bahwa daun katuk juga dapat digunakan untuk mempercepat penyembuhan pada luka.

4. Mengatasi peradangan

Daun katuk memiliki zat anti radang yang mampu mengurangi peradangan. Peradangan adalah suatu respons alami tubuh saat terkena infeksi atau cedera yang akan membaik dengan sendirinya.

5. Meningkatkan produksi ASI

Hormon prolaktin dan oksitosin memiliki peran yang penting untuk proses produksi ASI. Menurut penelitian menyatakan bahwa daun katuk terbukti efektif untuk meningkatkan reproduksi ASI. Namun, untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dari manfaat daun katuk untuk meningkatkan produksi ASI, harus dibarengi dengan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi atau bergizi, juga banyak minum air putih, istirahat yang cukup, dan kurangi stres.

6. meningkatkan daya tubuh

Daun katuk memiliki banyak vitamin seperti, vitamin C, vitamin A, dan antioksidan yang baik untuk daya tahan tubuh. Beberapa riset juga mengungkapkan bahwa ekstrak daun katuk bersifat antibakteri dan antijamur.

Jika anda mempunyai suatu penyakit atau sedang dalam pengobatan, sebaiknya konsultasilah terlebih dahulu kepada dokter.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here