Buah Kurma
Manfaat Buah Kurma

Vt-k.com – Buah kurma adalah salah satu jenis buah yang paling lambat dalam proses pertumbuhannya, dalam pembudayaannya juga termasuk lama di dunia. Banyak manfaat buah kurma yang bisa kita peroleh karena kandungan nutrisi yang beragam.

Kandungan nutrisi dalam buah kurma antara lain kalium, magnesium, fosfor, zinc, mangan, dan selenium. Nutrisi tersebut berperan penting dalam fungsi kekebalan tubuh dan pencegakan kanker.

Apa Saja Manfaat Buah Kurma?

Nutrisi yang terkandung pada buah kurma mampu membantu mencegah kerusakan pada sel dan memiliki sifat antiradang. Salah satunya mengandung tanin atau sejenis antioksidan alam (Polifenol).

Buah kurma juga mempunyai antioksidan yang dapat mencegah dari penyakit jantung, kanker, dan diabetes.

Manfaat buah kurma lainnya adalah:

  • Mencegah sembelit

Buah kurma juga memiliki serat yang tinggi, ini akan memperlancar pencernaan. Maka dari itu, kurma dapat memperlancar pencernaan dan mencegah semberlit seperti buang air besar.

  • Mengontrol gula darah

Karena buah kurma memiliki indeks glikemik yang rendah juga berfungsi sebagai antioksidan sehingga dapat membantu mengontrol gula darah. Tidak hanya itu, serat yang dimiliki buah kurma juga bisa membantu mencegah kadar gula darah meningkat.

  • Mencegah penyakit alzheimer

Penyakit alzheimer adalah penyakit degeneratif progresif pada otak yang biasanya menyerang orang tua dan dikarenakan perkembangan plak-plak beta amiloid pada otak.

Dalam studi laboratorium mengungkapkan bahwa buah kurma bermanfaat untuk menurunkan tanda-tanda peradangan seperti interleukin 6 (IL-6) pada otak. Tingginya tingkat IL-6 pada otak ini bisa memicu resiko penyakit penurunan fungsi saraf.

  • Melancarkan persalinan

Mengkonsumsi buah kurma secara rutin dapat melancarkan persalinan, maka akan mempengaruhi dilatasi serviks yang mampu membantu persalinan.

Anda bisa mengkonsumsi buah kurma secara langsung atau bisa juga diperuntukan untuk pengganti gula putih. Hal ini dikarenakan buah kurma termasuk sumber gula yang alami, disebut buah sumber fruktosa. Namun sebaiknya jangan konsumsi buah kurma secara berlebihan karena buah ini memiliki kandungan gula dan kalori yang tinggi, yang dapat mengakibatkan berat badan bertambah. Maka konsumsilah buah kurma secukupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here