Manfaat Bawang Putih
Manfaat Bawang Putih

Vt-k – Manfaat bawang putih telah digunakan sejak zaman dulu oleh nenek moyang kita. Tanaman ini merupakan tanaman Allium yang banyak digunakan untuk keperluan medis.

Beberapa studi mengatakan bahwa jika mengkonsumsi bawang putih secara teratur dapat membantu menurunkan tekanan darah, tingkat kolesterol, menguatkan imun tubuh, memperbaiki sirkulasi darah dan menjauhkan dari risiko penyakit jantung.

Macam-macam Manfaat Bawang Putih

Manfaat bawang putih ini belum teruji 100 persen, sehingga perlu penelitian lebih lanjut. Akan tetapi banyak peneliti yang mengungkapkan bahwa bawang putih memiliki beragam manfaat, seperti berikut.

1. Bermanfaat untuk jantung

Beberapa penelitian menemukan bahwa pemberian suplemen yang memiliki kandungan ektrak bawang putih dapat memberikan efek melindungi jantung menjadi lebih sehat. Efek ini dikarenakan bawang putih bisa menurunkan kolesterol, dan membuat darah menjadi lebih encer sehingga sirkulasi darah akan lebih lancar.

2. Baik untuk saluran cerna

Perlu anda ketahui bawa bawang putih memiliki manfaat yang baik untuk pencernaan. Bawang putih mengandung zat allicin yang berfungsi sebagai antibiotik, dan antiparasit sebagai obat cacing. Penelitian menunjukkan bahwa bawang putih bisa digunakan untuk melawan infeksi dan bakteri pada lambung.

3. Pencegah kanker

Saat ini banyak penelitian yang sedang meneliti manfaat bawang putih dalam melawan kanker. Bahkan sudah ada peneliti yang telah menemukan bahwa bawang putih dapat menekan aktivitas sel kanker. Berdasarkan temuan tersebut, bahwa bawang putih berpotensi sebagai antikanker. Beberapa studi lain mengatakan banyak mengkonsumsi bawang putih dapat menghindari resiko kanker usus besar. Namun, manfaat ini belum diterapkan pada pengobatan secara medis.

4. Menurunkan tekanan darah dan kolesterol

Bawang putih mampu menurunkan tekanan darah bagi penderita hipertensi. Beberapa peneliti mengungkapkan bawang putih bermanfaat untuk melebarkan pembuluh darah dan mengendurkan otot halus.

Bawang putih juga mampu menurunkan kolesterol walaupun dalam jumlah sedikit, tetapi bukan berarti bawang putih bisa dijadikan obat hipertensi dan kolesterol yang efektif. Karena temuan ini memerlukan penelitian yang lebih lanjut mengenai bisa untuk menurunkan tekanan darah dan kolestereol.

5. Mencegah dan mengobati pilek

Bawang putih dipercaya dapat mencegah dan mengobati flu dikarenakan mampu memperkuat antibody dalam melawan virus. Peneliti mengungkapkan bahwa dengan mengkonsumsi bawang putih secara rutin akan terhindar dari flu dan pilek dan akan mempercepat dalam proses penyembuhan.

Aroma yang dimiliki bawang putih juga dapat digunakan sebagai obat sinusitis. Akan tetapi pemanfaatan bawang putih ini perlu diteliti lebih lanjut untuk efektivitasnya dalam pengobatan pilek dan flu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here