Obat Batuk Alami
Obat Batuk Alami

Vt-kBatuk merupakan penyakit ringan yang sangat menyebalkan dan sangat mengganggu saat beraktifitas. Ada banyak macam-macam obat alami batuk yang tersedia di sekitar kita, seperti bahan dapur.

Penyebab batuk yang paling utama adalah kurangnya istirahat. Sebenarnya batuk merupakan reflek dari tubuh untuk membersihkan salurang pernapasan yang terganggu karena iritasi. Meskipun batuk ini merupakan hal yang normal, namun terjadi terus menerus bisa jadi merupakan gejada dari suatu penyakit lain seperti alergi, infeksi virus atau bakteri, dan radang pada saluran pernapasan.

Macam-macam Obat Batuk Alami

Ada banyak macam obat batuk medis yang bisa di beli di apotek. Tetapi alangkah baiknya kita menggunakan obat alami untuk meminimalisir efek samping yang tidak kita inginkan. Berikut macam-macam obat batuk alami yang bisa kita dapatkan di sekitar kita:

– Madu

Siapa yang tidak kenal dengan salah satu produk dari lebah ini. Sejak dulu madu terkenal dengan segudah manfaat dan khasiatnya untuk kesehatan. Bahkan dalam penelitian sudah membuktikan khasiat madu sangatlah baik, salah satunya dapat meredakan batuk dan mengatasi susah tidur di malam hari. Bahkan madu bisa saja sama efektifnya dengan obat batuk medis.
Untuk memanfaatkan madu untuk obat batuk, anda hanya mencampurkan madu dengan teh atau air hangat di tambah perasam melon. Akan tetapi sebaiknya jangan berikan madu kepada anak yang berusia di bawah 1 tahun. Karena anak di usia tersebut daya tahan tubuhnya masih rendah.

– Bawang bombay

Bawang bombay dapat dimanfaatkan sebagai salah satu obat batuk alami. Hal ini karena kandungan uap yang dihasilkan dari bawang bombai. Untuk cara penggunaannya cukup potong bawang bombay menjadi 4 bagian dan letakkan di kamar sebelum anda tidur. Bawang bombai menghasilkan uap yang akan menyebar di ruangan tersebut dan akan terhirup oleh orang penderita batuk. Teknik ini sangat populer di negara Spanyol dan Prancis.

– Bawang putih

Bawang putih sering kita temui di dapur ternyata memiliki manfaat untuk mengobati batuk secara alami. Salah satu bumbu dapur ini memiliki sifat anti jamur, anti bakteri, dan anti virus yang mampu meredakan radang tenggorokan dan juga batuk.

– Jahe

Jahe memiliki rasa yang sedikit pedas yang dapat membantu melegakan pernapasan dan iritasi saluran pernapasan. Ini merupakan salah satu bumbu dapur yang mengandung anti oksidan, anti radang, dan anti bakteri. Kandungan yang terdapat pada jahe dapat mengurangi iritasi dan peradangan pada saluran pernapasan yang akan menyebabkan batuk.

– Daun mint

Sebenarnya sudah lama sekali daun mint ini dikenal sebagai obat batuk alami. Daun mint mengandung mentol yang bisa mengobati batuk dengan cara melegakan tenggorokan dan membantu mencairkan lendir.

– Larutan garam

Larutan garam juga bisa digunakan sebagai salah satu alternatif untuk mengobati batuk alami. Caranya cukup campurkan satu sendok teh garam dengan segelas air hangat, lalu gunakan larutan tersebut untuk berkumur.

Demikian macam-macam obat batuk alami yang bisa kita dapatkan dari sekitar kita seperti di dapur. Namun tingkat efektivitasnya bisa berbeda-beda pada setiap orang. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi salah satu referensi anda untuk mencari obat batuk dengan alami.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here