Obat Alami Sariawan
Obat Alami Sariawan

Vt-k.com – Sariawan pada umumnya terlihat seperti luka yang sering terjadi pada permukaan lidah, bibir, gusi, atau bagian dalam pipi. Sariawan bisa terjadi pada siapapun, mulai dari anak-anak hingga lanjut usia. Sariawan biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari atau minggu, sehingga tidak memerlukan perawatan yang khusus. Tetapi ada cara untuk mempercepat proses penyembuhannya menggunakan beberapa obat alami.

Jenis-jenis Obat Alami Sariawan

Ada beberapa obat alami untuk menyembuhkan sariawan lebih cepat, diantara lain:

1. Garam atau baking soda

Berkumurlah dengan air garam atau baking soda untuk obat sariawan. Cara ini merupakan obat yang cukup efektif untuk mengurangi peradangan pada sariawan dan memulihkan jaringan gusi, lidah, bibir, atau mulut terkena sariawan.

Cara membuat obat alami sariawan menggunakan garam dan baking soda yaitu campurlah 1 sendok makan garam atau baking soda dengan setengah cangkir air putih. Kemudian gunakan larutan tersebut untuk berkumur-kumur selama 15 sampai 30 detik. Lakukan hal ini setiap jam sekali bila perlu.

2. Hindari makanan asam, pedas, asin, atau keras

Sebaiknya hindari makanan yang dapat menyebabkan sariaawan menjadi iritasi atau luka semakin parah, misalnya makanan yang terlalu asin, pedas, atau asam. selain itu kurangi makanan keras seperti keripik, karena dapat mengakibatkan sariawan semakin parah.

3. Jaga kebersihan mulut

Lakukan menyikat gigi menggunakan sikat yang lembut secara rutin minimal dua kali setiap hari. Apabila luka sariawan terasa nyeri pada saat menyikat gigi, lebih baik menggunakan obat kumur yang memiliki kandungan chlorhexidine. Jangan gunakan obat kumur yang mengandung alkohol jika anda tidak mau sariawan menjadi lebih parah.

4. Menggunakan madu

Menurut penelitian madu juga efektif untuk mengurangi nyeri dan menyembuhkan sariawan. Karena madu memiliki zat yang bersifat antiradang dan antibakteri. Untuk cara menggunakan madu untuk sariawan hanya cukup oleskan madu ke letak sariawan muncul sebanyak 3 sampai 4 kali dalam satu haru.

5. Menggunakan minyak kelapa

Minyak kelapa juga bisa menyembuhkan sariawan yang disebabkan oleh bakteri. Selain itu juga bisa mengurangi rasa nyeri yang disebabkan oleh sariawan tersebut. Cara pengobatan sariawan menggunakan minyak kelapa hanya cukup mengoleskan minyak kelapa di luka sariawan minimal dua kali sehari.

6. Menggunakan lidah buaya

Lidah buaya memiliki kemampuan untuk mengobati luka dan mengurangi rasa sakit karena memiliki efek antiradang. Anda cukup mengoleskan gel lidah buaya pada luka sariawan setiap hari.

7. Menggunakan es batu untuk obat sariawan

Es batu bisa mengurangi rasa sakit akibat sariawan dan memberikan efek mati rasas pada area luka sariawan utnuk sementara waktu. Dengan mengisap es batu, anda dapat makan dan minum lebih leluasa tanpa merasakan sakit yang ditimbulkan oleh sariawan.

8. Menggunakan jenis teh chamomile

Teh jenis chamomile dipercaya dapat digunakan sebagai obat sariawan disebabkan teh ini memiliki antiradang dan antioksidan. Jika anda ingin megobati sariawan menggunakan teh chamomile, anda cukup rendam teh chamomile kedalam air kemudian tempelkan teh tersebut pada luka sariawan.

Anda juga bisa menggunakan cara lain selain mengkompres sariawan menggunakan teh chamomile. Gunakan teh chamomile sebagai berkumur beberapa kali sehari.

Jika obat sariawan diatas tidak ampuh, bahkan obat alami itu mengakibatkan sariawan menjadi lebih parah, sebaiknya anda gunakan obat lain seperti obat dokter.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here