Manfaat Daun Mangga
Manfaat Daun Mangga

Vt-k.com – Banyak masyarakat Indonesia yang belum mengetahui manfaat daun mangga. Sebenarnya daun mangga memiliki banyak nutrisi, namun kandungan nutrisinya masih kalah dengan buahnya. Ada beberapa nutrisi yang terkandung pada daun mangga yang baik untuk kesehatan seperti mencegah diabetes dan melancarkan saluran pencernaan.

Zat yang terkandung pada daun mangga memiliki sifat antioksidan, antiradang, dan antibakteri. Hasiat daun mangga juga bisa menghambat pertumbuhan sel kanker dan menurunkan kadar gula darah.

Sudah mulai banyak orang menggunakan daun mangga sebagai teh herbal atau jamu untuk kesehatan. Daun mangga juga bisa digunakan sebagai suplemen herbal.

Manfaat Daun Mangga

Ada beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dari daun mangga seperti berikut:

1. Menurunkan kadar gula darah

Beberapa penelitian meneliti daun mangga dan hasilnya bahwa daun mangga dapat menurunkan kadar gula darah. Dengan kemampuan daun mangga dapat mencegah resistensi insulin dan menurunkan resiko penyakit diabetes tipe 2. Namun manfaat ini belum diketahui efektivitas daung mangga sebagai obat penurun kadar gula darah, hasil penelitian ini perlu diteliti lebih lanjut.

2. Bermanfaat untuk kesehatan fungsi otak

Daun mangga bermanfaat untuk kesehatan fungsi otak dikarenakan daun ini mengandung antioksidan seperti flavonoid, mangiferin, dan polifenol. Bahkan daun mangga bisa meningkatkan daya ingat dan konsentrasi serta mengurangi resiko pikun.

3. Mengontrol kolerterol dalam darah

Banyak peneliti menunjukan bahwa daun mangga dapat mengontrol kolesterol pada pembuluh darah. Efek ini berpotensi sebagai obat herbal menurunkan kolesterol. Akan tetapi efek ini masih perlu penelitian apa saja efek samping yang di timbulkan oleh daun mangga sebagai obat herbal kolesterol.

4. Mencegah terkena penyakit kanker

Daun mangga memiliki kandungan zat antikanker. Hal ini diperoleh dari beberapa riset bahwa daun mangga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, seperti kanker payudara dan kanker prostat.

Namun manfaat daun mangga sebagai obat antikanker masih perlu penelitian lebih lanjut. Manfaat daun mangga juga belum terbukti efektivitasnya dibandingkan pengobatan medis.

5. Meningkatkan sistem imun

Perlu anda ketahui bahwa daun mangga memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk peningkatan sistem imun tubuh, sehingga terhindar dari kuman dan virus yang menyebabkan infeksi. Antioksidan pada daun mangga juga mampu melawan radikal bebas.

6. Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Banyak penelitian mengungkapkan bahwa daun mangga dalam bentu krim atau serum dapat mencegah penuaan dini pada kulit. Karena daun mangga meimiliki zat antiaging. ekstrak daun mangga juga bisa digunakan sebagai penyubur rambut.

Daun mangga juga digunakan sebagai obat tradisional untuk meredakan demam, meningkatkan kesuburan, serta mengobati penyakit cacingan. Namun hal ini perlu dilakukan penelitian lanjutan untuk mengetahui keamanannya saat dikonsumsi oleh manusia.

Sebaiknya hindari mengkonsumsi daun mangga jika anda memiliki gangguan fungsi hinjal atau hati. Sebaiknya jangan mengkonsumsi daun mangga dibarengi obat-obatan dari dokter, karena ini akan menimbulkan efek yang berbahaya untuk anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here