Tes COVID-19
Tes COVID-19

Vt-k.com – Prof Wiku Adisasmito sebagai Juru Bicara Satgas Covid 19 mengatakan bahwa kapasitas testing Covid-19 disesuaikan dengan kepadatan penduduk Indonesia. Jumlah penduduk Indonesia sebayak lebih dari 267 juta jiwa, maka perlu dilakukan tes sebanyak 10 persen perminggu atau sebanyak 267.000 per minggu. Pada awal juni hingga minggu ketiga bulan Oktober, selalu dilakukan peningkatan testing.

Dikutip di laman covid19.go.id Jumat 20 November, dia mengatakan bahwa kapasitasnya sudah mendekati target standar WHO sebanyak 86,25 persen pada minggu kedua bulan November. Kita harus mengevaluasi kondisi ini khususnya untuk pemerintah daerah terkait testing.

Pemerintah harus terus mengejar ketertinggalannya dari capaian banyaknya testing Covid 19 sesuai dengan yang disarankan oleh WHO. Setiap daerah harus dievaluasi kembali untuk memastikan kemampuan testing lalu melaporkannya. Sebab ada tren kapasitas testing menurun pada hari-hari tertentu seperti hari libur, ini menurut data yang diperoleh Satgas Penanganan Covid-19.

Kita harus menghindari tren ini, karena virus ini tidak mengenal hari libur. Kita juga sudah cukup lama menghadapi pandemi Corona. Prof Wiku menghimbau kepada pemerintah daerah untuk menambah dan memperbaiki mekanisme operasional laboratorium seperti penambahan sift laboran, pemberian insetif yang sesuai, kordinasi ke pusat. dan mengecek kesesuaian reagen dengan alat testing yang akan digunakan.

Secara geografis Indonesia adalah negara yang memiliki area luas, ribuan pulau, serta banyaknya perairan. Hal ini akan menjadi salah satu tantangan untuk mencapai sistem kesehatan yang sempurna. Akan tetapi hal ini bukan jadi halangan bagi Prof Wiku untuk mengupayakan tes ini akan memenuhi angka standar WHO. Pasalnya negara kita saat ini sudah mencapai lebih dari 86 persen.

Satgas COVID juga selalu menghimbau masyarakat untuk menerapkan 3M melalui kampanyenya #IngatPesanIbu untuk mencegah penyebaran Corona. Pengertian dari 3M adalah menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan dengan bersih dan sabun minimal selama 20 detik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here