Gejala Penyakit Katarak
Gejala Penyakit Katarak

Vt-k.com – Katarak bisa terjadi pada usia muda maupun tua, penyakit ini termasuk penyakit berjalan lambat. Biasanya penyakit katarak ini menimpa pada usia lansia sekitar berumur 60 ke atas, namun usia remaja juga bisa saja terkena penyakit ini. Sering kali penderita mengabaikan gejala awal dari katarak, karena gajala awal tidak terlalu mengganggu penglihatan.

Gejala Katarak

Penyebab penyakit katarak ada banyak faktor yang beragam, mulai dari berkurangnya usia atau penuaan, cedera mata, bawaan dari lahir atau keturunan, bahkan ada juga disebabkan oleh penyakit lain seperti diabetes.

Gejala katarak pada umumnya sebagai berikut:

1. Pengelihatan Buram

Gejala awal penyakit katarak adalah berkurangnya kualitas penglihatan. Penderita akan merasa penglihatannya menjadi tidak jelas, samar, dan berawan. Gejala ini karena protein lensa yang menggumpal jadi penyebab lensa tidak lagi jernih. Dengan adanya penggumpalan pada lensa itu menjadi penghalan masuknya cahaya pada mata dan penglihatan menjadi buram.

2. Sensitif Pada Cahaya

Gejala selanjutnya yaitu penderita akan menjadi terasa lebih sensitif dengan cahaya. Pada saat melihat sumber cahaya, penderita akan merasakan silau dan sakit pada matanya. Penderita juga akan merasa ada lingkaran pada sekitar lampu.

3. Penglihatan Menjadi Membayang atau Ganda

Gejala yang ketiga, penderita akan merasa penglihatannya menjadi ganda atau adanya bayangan. Hal ini disebabkan oleh lensa mata yang mulai keruh. Akan tetapi gejala seperti ini tidak hanya dialami oleh penderita katarak, namun penderita mata silinder juga bisa mengalaminya.

4. Pada Malam Hari Penglihatan Menurun

Gejala penurunan penglihatan pada malam hari tidak hanya di alami oleh penderita rabun saja, penderita katarak juga akan mengalami hal ini. Jika anda sudah mengalami gejala seperti ini sebaiknya anda lebih berhati-hati pada saat mengendarai bermotor khususnya pada malam hari. Sebenarnya tidak hanya karena kurangnya penglihatan pada malam hari, tetapi juga karena gejala sensitif pada cahaya yang membuat penderita silau saat tersorot oleh lampu kendaraan yang ada di depannya. Hal ini akan menambah resiko kecelakaan para pengendara.

5. Penglihatan Menjadi Kuning atau Kecoklatan

Gejala ini diderita pasien penyakit kataran yang semakin parah, lensa mata akan menjadi kuning atau kecoklatan karena adanya penggumpalan protein pada lensa mata. Hal ini akan menghambat masuknya cahaya dan menjadi kuning. Maka penglihatan penderita akan menjadi kekuningan saat melihat objek dan akan mengalami kesulitan untuk membedakan warna.

6. Ganti-ganti Kaca Mata

Walaupun gejala ini bukan gejala umum pada katarak, akan tetapi seringnya mengganti kaca mata adalah salah satu tanda-tandanya terkena katarak. Penyakit tersebut adalah termasuk penyakit yang bersifat progresif, dalam waktu ke waktu penglihatan penderita akan semakin buruk.

Demikian adalah macam-macam gejala penyakit katarak yang harus kita perhatikan.Pabila anda mengalami gejala di atas, sebaiknya anda berkonsultasi ke dokter mata untuk menjalani pemeriksaan. Dengan demikian anda bisa menangani penyakit ini lebih dini.

Untuk mecegah terkena penyakit katarak, anda bisa mengkonsumsi makanan sehat, tidak merokok, dan tidak meminum minuman beralkohol. Sebaiknya anda juga menggunakan kacamata hitam pada saat berada di luar ruangan agar meminimalisir terkenanya paparan sinar ultraviolet matahari yang dapat merusak mata.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here