Vaksin Covid-19
Vaksin Covid-19

Vt-t.com – Saat ini banyak negara yang mengembangkan vaksin Covid-19, masing-masing vaksin juga berfariasi di setiap negaranya. Sekarang vaksin itu masih dalam pengembangan dan terus di pantau efek sampingnya guna mengetahui seberapa besar efektivitas dan keamanannya terhadap manusia.

Banyak sekali macam-macam obat, vaksin, maupun suplemen yang berfariasi, semua itu pasti mempunyai efek samping yang berbeda mulai dari efek samping yang ringan sampai ke berat. Belum ada riset yang menyatakan bahwa vaksin Covid-19 sepenuhnya aman, karena ini masih dalam tahap pengembangan.

Ada banyak sekali macam vaksin di dunia yang pastinya memiliki efek samping begitu juga vaksin Covid-19 yang berpotensi memberikan efek samping meskipun efek samping yang ditimbulkan tergolong ringan.

Perkembangan Vaksin Covid-19 di Indonesia

Sampai saat ini perusahaan farmasi dan lembaga kesehatan masih terus mengembangkan dan meneliti vaksin Covid-19. Mereka masih memantau vaksin ini untuk mengetahui efektivitas dan keamanannya. Ada 3 fase yang wajib di lalui untuk suatu vaksin supaya mendapatkan izin edar.

Di negara Indonesia sekarang sudah melakukan uji klinis fase III terhadap vaksin Covid-19 yang bernama SINOVAC. Vaksini ini dikembangkan oleh Sinovac Life Science dari negara Cina. Saat ini vaksin tersebut sedang di uji coba PT. Bio Farma yang melibatkan sukarelawan sebanyak 1.620 orang. Kabarnya vaksin ini akan selesai masa penelitiannya hingga Februari 2021 yang akan datang.

Ada dua vaksin yang sedang di teliti di Indonesia, namun ada satu lagi vaksin yang bernama vaksin merah putih. Vaksin merah putih yang dikembangkan oleh Lembaga Biologi Molekular Eijkman bergabung dalam Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19 di bawah kordinasi Kementrian Riset dan Teknologi atau Badan Riset dan Inovasi Nasional. Kabarnya pengembangan vaksin ini akan selesai sekitar akhir tahun 2020 dan akan disebarkan kepada masyarakat jika sudah melewati uji praklinis dan uji klinis.

Efek Samping Covid-19

sama seperti obat atau vaksin pada umumnya, vaksin Covid-19 juga ada beberapa efek samping yang telah diketahui. Menurut laporang yang didapat hingga saat ini bahwa terdapat efek samping yang ditimbulkan oleh vaksin Covid-19, di antaranya:

  1. Kelelahan
  2. Demam ringan
  3. Sakit kepala
  4. Nyeri otot dan sendi di sekitar area suntikan
  5. Nyeri atau kemerahan di lokasi penyuntikan vaksin

Efek samping di atas merupakan efek samping tipe ringan yang biasanya dapat sembuh dengan sendirinya. Sebenarnya efek samping itu muncul karena tubuh kita sudah menerima vaksin tersebut dan sedang dalam tahap pembentukan imunitas terhadap penyakit Covid-19.

Apabila anda menjadi salah satu relawan yang mengikuti pengujian vaksin Covid-19 dan mengalami efek samping sesudah mendapatkan vaksin, berikut ini ada beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk meringankan efek samping tersebut:

  1. Lebuh banyak minum air putih dan makan yang teratur
  2. Berikan kompres dingin pada bagian yang sakit
  3. Konsumsi obat untuk pereda nyeri sesuai anjuran dokter, contohnya paracetamol
  4. Istirahat yang cukup

Sebenarnya ada efek samping yang tergolong berat seperti halnya pada vaksin lainnya, akan tetapi hal ini jarang sekali terjadi. Efek samping tergolong berat seperti reaksi alergi berat atau anafilaktik. Reaksi ini bisa menyebabkan keluhan sesak napas, lemas, dan pingsan. Apa bila reaksi ini terjadi pada anda setelah mendapatkan vaksin Covid-19, harus segera mungkin hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan.

Vaksin COVID-19 Sudah Bisa Digunakan?

Sebenarnya masih terlalu dini untuk menentukan seberapa besar efektivitas dan keamanan vaksin Covid-19. Pada umumnya pengembangan vaksin maupun obat-obatan memerlukan waktu yang cukup lama bahkan bisa sampai bertahun-tahun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here