Cara Menjaga Kesehatan Tubuh
Cara Menjaga Kesehatan Tubuh

Vt-k.com – Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan tubuh yang bisa kita lakukan supaya terhindar dari berbagai macam penyakit.

Sebenarnya bukan hal yang sulit untuk menerapkan cara menjaga kesehatan tubuh. Kuncinya, kita harus konsisten dalam menjalaninya. Hal ini bisa dimulai dari hal kecil seperti istirahat yang cukup dan olahraga secara teratur.

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh

Disarankan untuk mengubah pola hidup sehat merupakan cara meenjaga kesehatan tubuh. Ada beberapa pola hidup yang bisa anda jalani yaitu:

1. Mengkonsumsi makanan sehat

Konsumsilah makanan sehat setiap hari, termasuk juga makanan mengandung karbohidrat, protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral. Tubuh memerlukan karbohidrat seperti, oat, nasi merah, roti gandum, dan quinoa. Sementara untuk memenuhi kebutuhan protein untuk tubuh seperti mengkonsumsi, susu, daging tanpa lemak, produk olahan susu, aneka jenis ikan laut, telur, dan ikan air tawar.

Konsumsilah berbagai macam sayur-sayuran seperti asparagus, labu, brokoli, wortel, kembang kol, kale, lobak, mentimun, kubis, jamur, terong, aneka jenis kacang-kacangan, serta paprika. Selain sayur, buah-buahan juga baik untuk kesehatan seperti apel, nanas, alpukat, pisang, blueberry, jeruk, strawberry, mangga, lemon, pir, kiwi dan anggur. Aneka buah ini juga sangat baik untuk anda yang sedang menjalankan program diet.

2. Rutin olahraga

Cara menjaga kesehatan tubuh selanjutnya yaitu rutin berolahraga. Aktifitas olahraga tidak hanya baik untuk kesehatan, namun bisa juga untuk mencegah dan mengelola masalah kesehatan yang diderita seperti osteoporosis, diabetes, tekanan darah tinggi, stroke, depresi, radang sendi, sampai dengan kanker.

Disarankan untuk berolahraga selama 150 menit dalam satu minggu. Atau berolahraga minimal 20 sampai 30 menit setiap harinya. Supaya anda bisa mendapatkan banyak manfaat dari berolahraga.

3. Menjaga berat badan tetap ideal

Kelebihan berat badan tidak baik untuk kesehatan, hal ini dapat meningkatkan resiko terjangkit beberapa penyakit. Resiko penyakit jika kelebihan berat badan yaitu, tekanan darah tinggi, kolesterol, diabetes tipe 2, penyakit jantung, stroke, dan kanker, rentan untuk diderita penderita obesitas atau kelebihan berat badan.

4. Tidak merokok

Hindari kebiasaan meroko dan minum minuman beralkohol, karena kebiasaan ini akan meningkatkan risiko terkena bebagai penyakit yang dapat menimbulkan kematian. Alahkah baiknya anda menghindari hal ini agar tubuh anda tetap terjaga kesehatannya dan meminimalisir resiko beberapa penyakit.

5. Asupan suplement bagi yang memiliki penyakit beresiko tinggi (high-risk disease)

Apabila anda memiliki penyakit yang beresiko tinggi (high-risk disease) seperti penyakit paru kronis, diabetes, atau penyakit jantung. Dengan mengkonsumsi suplemen tertentu dapat memperbaiki sistem imun dan kondisi kesehatan anda. Suplemen yang dibutuhkan adalah suplemen yang mengandung senyawa antioksidan seperti astaxanthin.

Astaxanthin termasuk salah satu dari karotenoid, pigmen alami yang penyebab hewan dan tanaman memiliki warna merah ataupun merah muda. Dengan suplemen alami ini dapat menangkal efek radikal bebas berlebih yang akan merusak jaringan tubuh, jaringan kulit dan organ dalam. Astaxanthin juga dapat membantu memelihara kesehatan jantung dan pembuluh darah.

6. Jaga kesehatan kulit

Disarankan untuk menggunakan tabir surya saat diluar ruangan, agar kulit terhindar dari paparan sinar matahari dan ultraviolet yang dapat merusak kulit. tidak hanya itu, anda juga disarankan untuk menggunakan pakaian berlengan panjang dan topi untuk menghindari paparan sinarmatahari secara langsung dalam jangka panjang. Sinar matahari bisa membuat kulit terbakar dan dapat mempercepat penuaan dan kanker kulit.

7. Seks yang aman

Seks sehat dapat memberikan kepuasan emosional dan juga dapat manfaat bagi kesehatan tubuh. Hindarilah seks bebas atau berganti-ganti pasangan, agar terhindar dari penyakit seks menular.

Berbagai cara menjaga kesehatan tubuh yang bisa anda praktikkan. Dan jangan lupa untuk melakukan medical checkup untuk mengetahui sedini mungkin gangguan yang terdapat pada tubuh anda. Dengan teratur melakukan medical checkup yang di sarankan dokter, anda bisa penyakit apa yang bersemayam di tubuh anda sebelum semakin parah anda dapat melakukan penanganan lebih cepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here