Gempa Bumi 11 Kali dalam Sepekan
Gempa Bumi 11 Kali dalam Sepekan

vt-k.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Padang Panjang mencatat sepekan terakhir ada 11 kali kejadian gempa bumi yang terjadi di wilayah Sumatera Barat yang terhitung sejak tanggal 13 hingga 19 November 2020.

”Gempa bumi yang terjadi di wilayah Sumatra Barat terjadi 11 kali sejak sepekan terakhir, yang di rasakan masyarakat tiga kali gempa dan delapan kali tidak dirasakan” ungkap Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Padang Panjang, Sumatra barat

Dari tiga kali kejadian gempa yang terjadi dan dapat dirasakan oleh masyarakat. Gempa tersebut dirasakan di Padang, Bukittinggi, Solok Padang Panjang, Pariaman, dan juga daerah lainnya. Disebutkan oleh Mamuri dua kali yang berpusat di Kepulauan Mentawai, dan berada di Tuapejat dengan kekuatan 6,3 magnitudo pada Selasa 17/11.

”Gempa yang terjadi di Padang, Tanah Datar, Padang Panjang, Solok Selatan dan juga beberapa daerah lainnya dapat dirasakan masyarakat. berdasarkan informasi di Pulau Siberut dengan kekuatan 4,9 magnitudo yang terjadi pada Kamis (19/11).” katanya.

Dia juga menjelaskan bahwa gempa yang berpusat di Pesisir Selatan pada hari Rabu 18/11, dengan kekuatan sekitar 5,3 magnitudo. Gempa yang terasa di Padang, Padang Panjang, Padang Pariaman, Solok Selatan, dan beberapa daerah lainnya.

“Dari kejadian gempa tersebut juga tidak memiliki dampak terhadap kerusakan bangunan yang ditimbulkan akibat gempa dan tidak ada potensi tsunami,” Ia menyebutkan delapan kali kejadian gempa bumi lainnya yang di Sumbar yang tidak dirasakan masyarakat, yang terjadi di Sumatra Barat dan berpusat di Kepulauan Mentawai 4,0 magnitudo, Pasaman 3,3 magnitudo, Pesisir Selatan 3,6 magnitudo, Kepulauan Mentawai 3,8 magnitudo.

Dari 11 kejadian gempa bumi yang terjadi dan tercatat di Sumatra Barat merupakan gempa bumi yang besar dengan magnitudo : 5 sebanyak 2 kali, bermagnitudo 3 sampai 5 sebanyak 9 kali.

“Dari kesebelas gempa bumi yang terjadi di Sumatra Barat ini merupakan gempa yang terjadi di kedalaman dangkal, dengan salah satu gempa yang berada di kedalaman menengah” katanya

Ia mengatakan wilayah Sumatra Barat yang merupakan salah satu wilayah dengan potensi terjadinya gempa bumi. Saedangkan untuk potensi tsunami sendiri belum bisa diprediksi. Untuk itu, ia mengimbau kepada semua masyarakat agar tetap tenang dan tetap waspada.

“BMKG juga telah mengeluarkan link telegram resmi yang akan selalu memberi informasi masalah gempa bumi secara real time, jadi masyarakat tidak perlu khawatir akan informasi yang belum jelas” demikianlah yang dikatakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here