Rapid Test Antigen
Rapid Test Antigen

Vt-k – Beberapa stasiun kereta api menyediakan layanan rapid test antigen. Hal ini dilakukan bersamaan dengan diberlakukannya syarat perjalanan jarak jauh kereta api dengan melampirkan hasil rapid test antigen selama libur natal dan tahun baru.

Apa saja persyaratan untuk melakukan rapid test antigen di stasiun kereta api?

Menurut penjelasan Eva Chairunisa (Kahumas KAI Daop I Jakarta), syarat yang harus dipenuhi untuk melakukan rapid test antigen adalah wajib menunjukkan tiket kereta api ataupun minimal kode booking tiket kereta api.

Penumpang juga harus menyiapkan biaya rapid tes antigen yang dipatok oleh KAI sebesari Rp 105 ribu untuk satu kali rapid test antigen.

”Ada syarat-syarat bagi calon penumpang KA untuk melakukan rapid antigen adalah dengan menunjukan tiket KA atau kode booking, kemudian melakukan pembayaran sebesar Rp 105 ribu,” ujar Eva Chairunisa.

Ada dua stasiun di Jakarta yang menyediakan layanan rapid test antigen, stasiun tersebut adalah Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen.

Di luar Jakarta juga ada beberapa stasiun yang menyediakan layanan rapid test. Berikut daftar stasiun yang menyediakan rapidtest antigen:

  1. Stasiun Cirebon
  2. Stasiun Bandung
  3. Stasiun Kiaracondong
  4. Stasiun Cirebon Prujakan
  5. Stasiun Semarang Tawang
  6. Stasiun Tegal
  7. Stasiun Purwokerto
  8. Stasiun Yogyakarta
  9. Stasiun Solo Balapan
  10. Stasiun Surabaya Gubeng
  11. Stasiun Surabaya Pasarturi

KAI juga memberi kebijakan kepada penumpang untuk dapat membatalkan dan mengubah jadwal bila mengalami ketertinggalan kereta karena melakukan rapid test antigen di stasiun. Hal itu bisa dilakukan dengan tenggang waktu 3 bulan dan tidak akan dikenakan biaya sepeserpun.

”Penumpang tidak perlu takut tiketnya hangus karena KAI memberi kebijakan untuk bisa diubah jadwal atau dibatalkan sampai 3 bulan setelah tanggal keberangkatan,” kata Eva.

Eva meminta kepada seluruh calon penumpang yang memilih untuk melakukan rapid test antigen di stasiun dihimbau untuk melakukan tes paling lama H-1 sebelum tanggal keberangkatan. Himbauan ini diberikan supaya terhindar dari ketertinggalan kereta api.

”Calon penumpang dihimbau agar menyiapkan rentang waktu yang cukup jika tetap ingin melakukan rapid test antigen pada hari yang sama dengan hari keberangkatan, tidak disarankan juga datang 3 jam sebelum keberangkatan karena antrian rapid antigen di stasiun yang cukup padat,” ujar Eva.

Stasiun Kereta Menyediakan Rapid Test Antigen

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here