Misteri Gunung Ciremai
Misteri Gunung Ciremai

Himbauan untuk pendaki….

Beberapa tahun yang lalu, mendaki gunung mendadak menjadi aktivitas yang semakin banyak digemari. Bahkan menjadi tren di kalangan generasi sekarang ini.

Setiap akhir pekan dan hari-hari libur, hampir semua gunung di Indonesia dipenuhi oleh para pendaki dari segala tingkatan usia.

Salah satunya adalah Gunung Ciremai. Gunung tertinggi yang terletak di Jawa Barat ini memang jadi primadona bagi pendaki lantaran menjanjikan pemandangan yang indah saat berada di puncaknya.

Gunung yang mencapai ketinggian 1.072 dari permukaan laut ini menjadi salah satu tempat terbaik untuk melihat mekarnya bunga edelweiss saat musim kemarau.

Selain itu, letak yang sangat dekat dengan Pantai Utara Jawa membuat siapapun yang naik ke puncak gunung tersebut bisa menyapu pandang ke arah laut lepas.

Kisah Misteri

Tetapi, di balik keindahan tersebut, Gunung Ciremai terkenal menyimpan beberapa kisah misterius yang membuat bulu kuduk kita merinding.

Al kisahnya. gunung ciremai ini memiliki banyak situs yang kerap dijadikan lokasi ritual terlarang.

Ada beberapa sosok yang menghuni di gunung ciremai ini yang sering menampakan diri. Selain itu, ada pantangan yang tidak boleh kita langgar saat kita mendaki di gunung tersebut.

Penasaran kisah misterius yang ada di Gunung Ciremai ini? mari kita simak kisahnya.

Pertama Sosok Nyi Lingga

Ada 8 pos di setiap jalur pendakian untuk sampai ke puncak gunung Ciremai, salah satunya melewati kawasan Batu Lingga. Menurut kabar yang beredar, para pendaki kerap melihat sosok penunggu di kawasan ini.

Sosok tersebut di kenal dengan sebutan Nyi Lingga. Wujudnya seperti nenek tua yang ditemani dua ekor macan tutul.

Kisahnya, Nyi Lingga tersebut meneruskan persemedian dari Sunan Gunung Jati di sebuah batu besar yang ada di tempat itu, untuk mendapat ilmu kanuragan. Namun persemedian yang ia lakukan gagal dan Nyi Lingga pun meninggal.

Dan anehnya, macan tutul yang menemani Nyi Lingga saat bersemedi hilang meninggalkan kejanggalan. Jadi apabila pendaki bertemu dengan sosok nenek tua didampingi dua ekor macan tutul, itulah Nyi Lingga.

Kedua Suara Gamelan Yang Misterius

Bayangkan saat kita mendaki di tengah hutan yang sepi tiba-tiba terdengar suara gamelan. Hal tersebut yang sering dialami oleh para pendaki Ciremai.

Dan kisah dari bunyi-bunyi gamelan tersebut sering membuat para pendaki tidak fokus sampai hilang arah dan terjatuh ke jurang.

Ketiga Tanjakan Bapa Tere

Menurut cerita yang beredar terdapat medan pendakian yang dinamakan “ Tanjakan Bapa Tere” yang artinya ayah tiri. Dahulu ada seorang ayah tiri dan anaknya melewati jalur tersebut.

Menurut cerita Sang anak dibunuh persis di tanjakan satu tersebut. Tanjakan ini merupakan tanjakan yang cukup terjal dan banyak menguras tenaga untuk para pendaki.

Keempat Tradisi Menghindari Mahkluk Ghaib

Menurut juru kunci Gunung Ciremai tersebut, para pendaki harus meminta izin terlebih dahulu kepada para penunggu sebelum mendaki. Mereka diberi imbauan dan masukan agar melakukan tradisi unik seperti menghentakkan kaki ke tanam sebanyak tiga kali dan mengucap salam agar terhindar dari gangguan sosok makhluk gaib yang menghuni di gunung ciremai.

Dari semua cerita misteri tersebut yang membuat bulu kuduk kita merinding. Para pendaki sering disasarkan bila tidak fokus. Kunci utama menghindari seperti ini tidak boleh berpikiran kosong.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here