Posisi Nyetir yang Nyaman
Posisi Nyetir yang Nyaman

VT-K.com – Aktivitas mengemudi mobil pribadi untuk menempuh perjalanan jarak jauh membutuh fisik yang bugar karena menentukan keselamatan pada saat mengemudi di jalan.

Untuk informasi, kondisi kebugaran fisik sopir bisa ditentukan dari berbagai faktor dengan salah satu posisi saat mengemudi. Posisi mengemudi yang salah akan membuat sopir kelelahan dan menurunkan konsentrasi sopir. Kondisi ini dapat mengakibatkan terjadinya kecelakaan.

Karena itu kamu harus bisa memahami posisi menyetir dengan benar agar kondisi badan tetap dalam kondisiprima disaat melakukan perjalanan.

Posisi mengemudi yang benar akan terasa nyaman dan meningkatkan keselamatan selama melakukan perjalanan, itu yang di katakan Instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC).

Beberapa tahap memang harus diperhatikan oleh pengemudi, yaitu posisi duduk yang benar dan nyaman agar aliran darah lancar.

Posisi badan dan kolom setir yang tidak terlalu sempit agar bisa melakukan gerakan secara leluasa atau terampil untuk mengolah roda kemudinya, merupakan filosofi ergonomis.

Seorang sopir wajib memastikan tempat duduk yang diatur sedemikian nyaman dengan. Setelah itu, posisi tangan jangan terlalu menekuk saat menggenggam setir mobil. Sementara bahu harus merapat ke sandaran bangku dengan rata.

Posisi tangan di Setir mobil

Ada dua cara yang benar ketika memegang setir mobil. Pengan posisi tangan pada kemudi bisa disamakan dengan arah arah jarum jam. Pertama ketika nyetir mobil kecil atau sedan posisi tangan mengikuti arah jarum jam 10 untuk tangan kiri sedangkan tangan kanan berada pada arah jam 2

Kemudian untuk mobil lebih besar seperti mini bus, tangan kiri dapat diposisikan ke arah jam 9 dan tangan kanan menunjukan jam 3.

Posisi tangan tersebut akan membuat pengemudi lebih leluasa dalam melakukan pergerakan. Posisi tangan 9-3 juga mudah untuk menjangkau tuas kontrol di sekitar roda kemudi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here