Platform Facebook di Kloning
Platform Facebook di Kloning

Vt-k.com – Pihak Facebook telah mengirimkan gugatan kepada pemilik situs yang diduga telah mengkloning situs Instagram.

Situs yang dimiliki oleh Ensar Sahinturk seorang warga negara Turki. Dia di gugat oleh Facebook karena situs miliknya itu mengkloning instagram. Karena situs ini diisi dengan data yand dikumpulkan dari 100 ribu profil pengguna Instagram.

Sahinturk mengambil data profil pengguna Instagram menggunakan software, tentunya tanpa izin. Bahkan dia bisa mengambil data pengguna yang berisi data profil, foto, dan video. Data yang diambil sebanyak lebih 100 ribu akun Instagram. Kemudian data tersebut dipublikasikan di situs kloningannya, yang kebanyakan nama penggunanya mirip dengan pengguna Instagram.

Sebelumnya Facebook sudah mengirim surat kepada Sahinturk agar situs-situs miliknya dimatikan. Akun Facebook dan Instagram milik Sahinturk pun sudah dimatikan seperti di kutip di blog resminya, Jessica Romero, Director of Platform Enforcement and Litigation Facebook.

Pada postingan Romero, dalam aturan kami ini dilarang karena melakukan scraping atau mengambil data yang dapat mengganggu privasi orang dan dapat mengontrol informasi mereka.

Ini adalah salah satu contoh langkah Romero dalam menghentikan siapa sja yang mengambil data pengguna, seperti salah satu komitmen kami untuk melindungi komunitas kami, menegakkan aturan kami dan memberi mereka pelajaran bagi siapa saja yang menyalahgunakan prlatofm kami.

Tidak ahanya sekali ini Facebook menggugat berbagai developer dan organisasi yang telah menyalahgunakan platformnya. Bahkan bulan lalu juga pernah menggugat dua perusahaan yang menjual belikan ‘like’ dan ‘follower’ di instagram.

Perusahaan asal Rusia juga pernah digugat oleh Facebook karena menjual jasa ‘fake engagement’ pada platform yang dimiliki Facebook tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here