Invasi Tawon Berbahaya Bagi Penerbangan
Invasi Tawon Berbahaya Bagi Penerbangan

VT-K.com – Pada program penelitian dan idetifikasi para ahli mengungkapkan bahwa tawon lubang kunci memiliki ancaman bagi penerbangan. Kecelakan besar pesawat tidak lepas dari ancaman tawon yang memiliki nama ilmiah Pachodynerus Nasidens menurut para ahli.

Sarang tawon kerap sekali di temukan di intrumen penting yang di gunakan untuk mengukur dan menentukan kecepatan pesawat  yang juga di sebut tabung pilot. Penjelasan para ahli.

Lubang aliran udara yang digunakan untuk membangun sarang tawon kyhole. Terbukti membahayakan pesawat. Dengan temuanya para ahli menyarankan agar tidak menggap remeh tawon di dunia penerbangan khususnya tawon Keyhole.

Fungsi dari pilot untuk mengirimkan informasi ke kokpit, pilot terpasang di bagian depan pesawat. Jika tabung pitot tidak berfungsi maka secara otomatis beralih ke mode manual.

Tercatat 26 insiden kerusakan akibat tawon selama November 2013 hingga April 2019 di Bandara Brisbane Australia. Selama ini di Bandara Brisbone tidak ada insiden besar karena tawon, tetapi di tempat lain kecelakan pesawat dikaitkan dengan serangga tersebut.

Kecelakaan di lepas pantai Republik Dominika Februari 1996 pada Briganir penerbangan 301 yang menewaskan 189 penumpang dan awaknya. Disebutkan kecelakan tersebut disebabkan oleh kemungkinan tabung pilot tersubat lumpur dan serangga kecil.

Peringatan kepada pilot dan maskapai penerbangan bahwa serangga tawon berbahaya. peringatan tersebut di keluarkan oleh Otoritas Keselamatan Penerbangan Sipil (CASA). Jika tabung pilot tersubat akan berkaibat pada hilangnya kecepatan dan indikator ketinggian.

Pada tahun 2010 Pelabuahan Brisbane mendekteksi adanya tawon lubang kunci untuk pertama kalinya. Menurut penelitian menyebutkan kemungkinan pada tahun 2006 tawon tiba di kawasan tersebut masih belum diketahui bagaimana mereka sampai di Australia.

Para ahli yang menilai bahwa tawon ini dapat menyebabkan kecelakaan pesawat. Meraka menyarankan untuk mengendalikan atau membasmi populasi serangga jenis ini kepada petugas Bandara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here