Indonesia jadi Sasaran Spam Terbanyak di Asia
Indonesia jadi Sasaran Spam Terbanyak di Asia

VT-K.com – Truecaller Insight Report 2020 melaporkan bahwa Indonesia menjadi negara terbanyak penerima pesan spam di Asia. Pada Aplikasi indentifikasi telepon dan blokir spam.

Sedangkan di India menjadi negara ke dua dengan di bawahnya di tempati Vietnam. Indonesia menjadi urutan ke enam pagilan spam terbanyak secara global.

Untuk sekarang Indonesia menempati peringkat ke enam di dunia. Di sisi lain Indonesia, India dan vietnam masih berada kedalam 20 negara dengan spam terbanyak di dunia.

Indonesia tahun ini tercatat penurunan spam 34% sekitar 18,3% panggilan spam setiap bulan. Sedangkan tahun lalu Indonesia mencatat 27,9 % pangilan spam.

Pada angka 52% spam di indonesia di tempati oleh lembaga keuangan, sedangkan pada angka 25% di tempati penyedia jasa asuransi, 11% opraator telekomunikasi. Kemudian 9 % di tempati scam atau penipun, 3% penagih utang.

Meski bayak perbaikan jumblah scam masih belum ideal. 1 dari 10 pangilan spam adalah upaya penipuan dan 99% berasal dari no domestik.

Para pelaku penipuan memita kode OTP yang di kirim ke pnsel korbannya. Dengan kode-kode itu mereka meng akses rekening bank atau dompet elektronik.

Pembatasan Sosial Bersekala Besar di Indonesia sedikit berpengaruh pada penurunan pangilan spam. Pada masa lockdown para pelaku penipuan sebagian berhenti beraksi.

Selama beberapa waktu aksi penipuan berhenti beraksi dikarenakan penerapan PSBB yang menjadi batas dalam menggunakan peralatan atau teknologi.

Pada masa pandemi Covid-19 yang melanda tanah air tidak bisa membendung spam. Pandemi membendung spam pada bulam Maret sapai April.

Angka sepam kembali naik pada Mei sampai Oktober dengan angka 9,7% perbulanya dengan angka tertinggi pada bulan Oktober sebesat 22,4%.

Ketika Pandemi melanda dan harus melakukan kegiatan secara online, nomor HP bagaikan DNA yang digunakan untuk melakukan panggilan telepon, mengakses aplikasi. Bahkan tersambung langsung dengan dompet digital dan rekening bank.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here