Asteroid Lewat Sangat Dekat Dengan Bumi
Asteroid Lewat Sangat Dekat Dengan Bumi

vt-k.com -Sebuah asteroid melintasi stasiun luarangkasa, sangat dekat dan beruntung tidak menabrak stasiun luar angkasa internasional.

Pasalnya, lintasan asteroid yang beri nama 2020 VT4 itu sangat dekat dengan Bumi. Bahkan jarak dari Bumi lebih dekat dari objek di orbit rendah bumi seperti Stasiun Luar Angkasa Internasional dan konstelasi broadband Starlink SpaceX.

Jarak terdekat asteroid 2020 VT4 dengan Bumi terjadi pada hari Jumat 13/11 lalu. waktu itu, asteroid dengan jarak 240 mil atau 386 kilometer dari permukaan Bumi.

Asteroid Terrestrial-impact Last Alert System “ATLAS” menemukan adaya asteroid, lembaga yang dijalankan oleh NASA dan Universitas Hawaii. Asteriod itu melaju dengan kecepatan 48.303 km / jam. Pendekatan terdekat pada 13 November di atas Samudra Pasifik Selatan.

Asteroid yang dinilai tidak berbahaya bagi Bumi. Sebab, asteroid sebesar itu pasti hancur ketika menembus atmosfer. Jikapun bisa menembus atmosfer bumi, beberapa bagian dari 2020 VTA kemungkinan besar akan terjatuh di atas lautan.

asteroid 2020 VT4 diperkirakan memiliki ukuran kisaran 16 dan 36 kaki (5-11) meter.

Para astronom mendeteksi akan adaya asteroid 2020 VT4 pada 14 November 2020. Setelah menganalisis orbit batuan antariksa, mereka menyadari pendekatan terdekatnya telah terjadi sehari sebelumnya, yakni pada hari Jumat, 13 November 2020.

Hasil dari pengamatan menunjukkan jika 2020 VT4 adalah asteroid tipe Apollo yang akan mengelilingi matahari setiap satu setengah tahun. Namun, gravitasi bumi mengganggu lintasan batuan antariksa dan menjadikannya asteroid tipe Aten, dengan adanya orbit baru sekitar 10 bulan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here